MENYAJIKAN  produk kopi bubuk/ sangrai  dengan kemasan aluminium foil  yang sangat elegan bewarna hitam  isi  200 gram, terbuat      dari biji kopi Robusta Petik Merah dataran tinggi pegunungan Kabawetan Kepahiang Bengkulu, Green bean/ biji kopi  yang telah diolah dengan proses basah (full wash) dan proses Semi Wash.

Specialty Robusta Coffee di diolah dengan cara khusus, mulai dari pengolahan perkebunan hingga menjadi biji mentah. Salah satu cara yang paling kenal dari proses pembuatan Specialty Coffee adalah “Petik Merah”.  Pengertian dari petik merah adalah sebuah metode pencabutan buah kopi dari pohon dengan cara dipetik satu persatu, yang hanya dipilih dari buah kopi yang sudah matang. Hal ini kemudian membuat biji kopi yang dihasilkan dari buah merah ini memiliki kualitas yang sangat baik.

Syarat sebuah kopi bisa disebut sebagai Specialty Grade adalah:

  1. Perkebunan dikelola dengan cara organik. Hal ini tidak menjadi ukuran mutlak, karena masih banyak juga Specialty Coffee yang dihasilkan dari perkebunan non organik
  2. Petik Merah. Petani hanya memetik buah kopi yang berwarna merah saja, yang kemudian diproses menjadi green bean.
  3. Memiliki total defect <4%. Jika dalam 1kg green bean specialty coffee, maka total defect atau biji rusak tidak boleh lebih dari 40g.
  4. Memiliki nilai cupping test >80. Tidak semua kopi bisa mendapatkan nilai >80, hanya kopi special yang diolah dengan cara yang tepat saja yang dapat mendapatkan score diatas 80.

 

Kopi Kepahiang  Specialty Robusta Coffee diperoleh  dari petani yang telah diajak bekerjasama dengan tujuan agar memperoleh kualitas kopi sesuai standar, tahu asal usul bahan baku, kemudian disortir kembali , sehingga diperoleh kopi yang betul-betul  dapat terjamin kualitasnya,  selanjutnya dilakukan Proses sangrai menggunakan mesin roasting dan siap diolah  menjadi bubuk ataupun Roasted Bean